Bajaj Ekspor Motor ke Thailand, Bakal Garap Pasar Indonesia Lagi?

Produksi sepeda motor Bajaj di India (Foto: Reuters)

Berita Terkini - Produsen sepeda motor India Bajaj Auto akan memulai pengiriman sepeda motor ke baik roda dua dan roda tiga ke Thailand dalam beberapa bulan mendatang. Bajaj ingin menguatkan kembali eksistensinya di pasar Asia Tenggara.

Saat ini Bajaj sudah mengekspor sepeda motor ke Filipina, Singapura, dan Myanmar. Sebelumnya pabrikan sepeda motor yang berbasis di Pune itu sudah mengirim sepeda motor KTM ke Malaysia. Seperti diketahui Bajaj dan KTM sedang menjalin kerjasama produksi motor.

"Asia Tenggara adalah pasar yang besar untuk roda dua. Kami mendapatkan respons yang positif dari Malaysia dan sekarang dalam beberapa bulan kami juga akan memulai ekspor ke Thailand," kata President Business Development and Assurance Bajaj Auto, S Ravikumar, seperti dikutip dari India Times.

Ditambahkannya, selain roda dua pihaknya juga akan mengirim kendaraan roda tiga ke Thailand. Roda tiga biasanya digunakan sebagai alat angkut barang atau angkutan umum.

"Upaya kami untuk masuk ke pasar-pasar baru merupakan bayaran atas kebergantungan kami kepada pasar-pasar yang sudah dimasuki sebelumnya seperti Sri Lanka, Nigeria, dan lainnya. Pasar tersebut mengalami penurunan," kata Ravikumar.

Pada kuartal kedua 2017 saja, Bajaj sudah menjual 409.525 unit sepeda motor di pasar ekspor. Selain Asia Tenggara, Bajaj juga menggarap pasar Amerika Latin dan Afrika.

"Dalam lima kuartal kami sudah menembus penjualan 400 ribu unit di pasar ekspor. Pasar baru seperti Malaysia sedang menguntungkan saat ini dan menunjukkan hasil yang pantas," ungkapnya.

Bajaj secara perlahan ingin eksis di Asia Tenggara bersaing dengan pesaingnya dari Jepang yang sudah lama bermain di segmen motor bermesin kecil. Diketahui Bajaj juga pernah menggarap pasar Indonesia, namun tak bertahan. Akankah Bajaj melirik kembali pasar Indonesia setelah ditinggalkan? Kita lihat saja.
Back To Top