Survei IDM: Deddy Mizwar Paling Populer Jadi Calon Gubernur Jawa Barat

Survei IDM: Deddy Mizwar Paling Populer Jadi Calon Gubernur Jawa Barat

Berita Terkini - Indonesia Development Monitoring (IDM) menggelar jajak pendapat kepada warga Jawa Barat.

Survei dilaksanakan pada periode 28 Juni hingga 9 Juli 2017, mencakup 18 kabupaten dan sembilan kota di Jawa Barat, terkait Pilkada Jawa Barat 2018.

Direktur Eksekutive IDM Fahmi Hafel mengatakan, hasil survei menyatakan Deddy Mizwar menjadi tokoh paling populer untuk calon gubernur. Hampir semua warga Jawa Barat sudah mengenalnya.

"Sosok Deddy Mizwar mengantongi sebanyak 36,3 persen suara masyarakat Jawa Barat secara spontan, Elektabilitasnya tertinggi menempati posisi teratas," ungkap Direktur IDM Fahmi Hafel, Senin (17/7/2017).

Sedangkan elektabilitas Ridwan Kamil (Wali kota Bandung), kata Fahmi, cenderung stagnan.

Hal ini dibuktikan dengan hasil survei yang nilainya di bawah Deddy Mizwar.

"37,8 persen masyarakat Jawa Barat menilai Ridwan Kamil kapabilitas sebagai gubenur Jawa Barat," kata Fahmi.

Survei juga mengungkapkan bahwa warga Jawa Barat yang mengetahui bakal ada pilkada hanya 60,3 persen. Sedangkan sisanya belum mengetahui.

Hasil survei IDM ini juga menunjukkan kecenderungan warga untuk memilih berdasarkan kesamaan agama sebanyak 89,3 persen, kesamaan suku dan ras 45,8 persen, serta kesamaan tempat tinggal dan bermukim 35,7 persen.

Para responden itu, papar Direktur IDM, dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Pada pelaksanaannya, ada cakupan data dianalisis dari responden asli sebanyak 1410, dengan ukuran sampel 1410 toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sebesar ±2.61 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi pengambilan sampel acak).

"Kemudian responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih, dan input data menggunakan aplikasi Android," jelasnya. (*)



www.capsunpoker.com


Back To Top