Komentar Djarot soal Pelanggaran Kode Etik oleh Ketua KPU DKI


BERITA - Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat ikut berkomentar soal pelanggaran kode etik yang dijatuhkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) kepada Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno.

Menurut Djarot, keputusan yang diambil oleh DKPP harus dijadikan pembelajaran oleh KPU DKI agar ke depannya lebih baik lagi.

"Enggak apa-apa, itu kan koreksi ya, masukan supaya kita kerja lebih baik lagi," ujar Djarot di kawasan Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017).

Djarot menilai, kesalahan tersebut bukan murni dari ketua KPU DKI semata. Menurut dia, semua komisioner mempunyai tanggungjawab yang sama atas putusan dari DKPP tersebut.

"Saya datang tepat waktu banget. Waktu acara belum dimulai saya datang enggak ada yang nyambut. Sendiri saya di VVIP, sebelum jam 19.00 saya sudah ke sana enggak ada orang," kata Djarot.

"Ada satu petugas menemui saya, itu sekretaris KPUD, sehingga saya ngobrol dengan sekretaris KPU di ruang VVIP. Semua komisioner belum ada," ucap dia.

Djarot berharap dengan adanya putusan dari DKPP ini, kinerja dari KPU DKI akan lebih baik kedepannya.

"Sebenarnya kita sudah enggak mempermasalahin lagi kok, enggak apa-apa," kata Djarot.

DKPP sebelumnya menyatakan Sumarno terbukti melanggar kode etik penyelenggara pemilu karena molornya pelaksanaan rapat pleno penetapan pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 di Hotel Borobudur beberapa waktu lalu.

DKPP menilai hal tersebut berpotensi merusak kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu di Indonesia karena rapat pleno tersebut disiarkan dan tersebar luas. DKPP memberikan sanksi peringatan kepada Sumarno.

Sumarno telah menyatakan menerima keputusan tersebut.

"Menurut perspektif DKPP bahwa saya melakukan pelanggaran kode etik. Saya menerima putusan itu," ujar Sumarno seusai sidang putusan di Kantor DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2017).
Labels: berita

Thanks for reading Komentar Djarot soal Pelanggaran Kode Etik oleh Ketua KPU DKI. Please share...!

Back To Top